3 Jenis Atap Rumah Minimalis

0
200
Jasa Desain Rumah, Jasa Desain Rumah Online, Desain Rumah Minimalis, Desain Rumah Sederhana, Jasa Arsitek Online

Dalam setiap Anda melihat gambar rumah minimalis atau desain rumah minimalis, mungkin Anda melewatkan beberapa hal. Salah satunya adalah jenis atap yang ada dalam model rumah minimalis yang Anda lihat.

Biasanya banyak orang hanya memperhatikan tampilan depan, jumlah ruang dan desain interiornya. Padahal, jenis atap yang digunakan dalam suatu gambar rumah minimalia akan mempengaruhi desain eksterior rumah minimalis tersebut. Unrtuk lebih memahami jensi atap yang paling sering digunakan pada desain rumah minimalis, berikut ini penjelasannya.

  1. Model Atap Pelana

Ciri model atap pelana adalah memiliki dua bidang miring dengan sudut kemiringan 30-60 derajat. Kedua bidang miring tersebut bertemu pada satu garis lurus yang disebut dengan bubungan. Desain rumah minimalis biasanya sering menggunakan besar sudut 30derajat. Model atap ini sering digunakan karena dinilai paling aman dan dinilai sebagai model atap yang paling mudah untuk mengetahui adanya kebocoran.

 

  1. Model Atap Perisai

Model atap yang satu ini merupakan bentuk penyempurnaan dari model atap Pelana. Jika diamati lebih dalam, model atap iki memiliki bentuk trapezium pada sisi kanan dan kirinya. Sementara itu, pada bagian depan dan belakang ada bentuk segitiga. Persatuan dari empat bidang ini menghasilkan sudut kemiringan yang sama persis di setiap sudutnya. Oleh karena itu, model atap ini juga sering disebut dengan model atap limas. Jika Anda menemukan tulisan yang  menyebut bahwa rumah minimalis menggunakan model atap limas, maka maknanya sama dengan model atap perisai. Kebanyakan, model atap ini diaplikasikan pada bangunan formal dan juga bergaya maditeran. Meski demikian, bukan tak mungkin model rumah minimalis tidak ada yang mengusung jenis atap yang satu ini.

  1. Model Atap Datar

Sesuai dengan namanya, model atap datar dibentuk dari bidang datar yang memanjang secara horizontal. Umumnya, model atap ini dibuat untuk tujuan atap sekaligus teras. Pembuatan taman di atas rumah juga biasanya menggunakan model atap ini. Model atap datar banyak digunakan oleh arsitek modern untuk memberikan sentuhan modern dan mewah pada rumah. Kekurangan model atap datar terjadi jika ada kebocoran. Sangat sulit untuk menanggulangi atap bocor pada mdel atap datar tersebut. Selain itu, jika ingin menggunakan atap datar pada desain rumah minimalis Anda, pastikan perhitungan sirkulasi dilakukan dengan baik. Sirkulasi penting untuk menjaga suhu ruangan di dalam rumah agar tidak terlalu pengap dan juga tidak terlalu lambab. Bahan yang biasa digunakan untuk model atap rumah minimalis adalah beton, seng dan juga bahan-bahan lain sesuai dengan permintaan klien atau perhitungan dari arsitek bangunan.