Pencahayaan yang Membuat Rumah Minimalis Makin Keren

0
117

Memiliki rumah impian bukan hanya perkara desain eksteriornya saja yang perlu diperhatikan. Desain interiornya jug awajib diperhatikan agar penghuninya merasa nyaman. Salah satu yang wajib Anda perhatikan di rumah idaman, khususnya desain rumah minimalis adalah desain pencahayaan. Pencahayaan yang baik, akan membuat rumah impian Anda semakin nyama, enak dipandang, dan tentunya aman.

Jika pencahayaan rumah tidak diperhitungkan, akan berakibat banyak hal negatif bagi rumah Anda. Diantaranya adalah bernuansa mistis dan horror, mudah berkembang biaknya jamur dan bakteri, dan terkesan sumpek. Untuk itu, sebaiknya Anda perhatikan pencahayaan rumah Anda agar desain rumah minimalis Anda semakin bagus. Berikut ini penjelasan tentang sumber pencahayaan rumah yang perlu Anda ketahui.

  1. Sumber Pencahayaan dari Sinar Matahari

Sumber pencahayaan dari sinar matahari dapat diaplikasikan pada desain rumah minimalis dengan berbagai cara. Cara pertama adalah dengan membuat jendela berukuran besar dan jumlahnya lebih dari satu buah dalam satu rumah. Selain sebagai sumber cahaya untuk penerangan pada siang hari, jendela yang lebar juga mampu memberi kesan rumah minimalis Anda semakin luas dan lapang. Untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya dari jendela kaca ini, Anda bisa menggunakan tirai dengan pilihan warna sesuai dengan keinginan maupun tema rumah minimalis Anda. Anda dapat menggunakan warna putih untuk memberi kesan luas dan terang, sedangkan pemilihan warna biru atau hijau untuk memberi kesan teduh dan nyaman. Selain dari jendela, Anda juga dapat memanfaatkan atap atau langit-langit rumah. Pilih bahan yang dapat menggantikan fungsi atap dan langit-langit rumah dari bahan yang tembus cahaya.

  1. Sumber Pencahayaan dari Lampu

Sumber pencahayaan lain yang dapat digunakan adalah lampu. Namun Anda harus paham benar bahwa cahaya lampu berbeda-beda. Pastikan Anda memilih jenis cahaya yang sesuai dengan desain rumah minimalis yang Anda miliki. Misalnya, desain rumah minimalis klasik biasanya lebih menggunakan cahaya lampu yang cenderung kekuningan untuk menguatkan kesan klasik di dalam interior rumah. Sedangkan cahaya lampu putih terang cenderung banyak digunakan bagi desain rumah minimalis modern.  Anda dapat pula memadukan berbagai jenis cahaya lampu rumah minimalis Anda sesuai dengan kebutuhan.

Perlu dipahami oleh Anda bahwa cahaya lampu akan dominan digunakan untuk penerangan pada malam hari. Pada siang hari, sebaiknya Anda tetap mengandalkan penerangan cahaya matahari karena selain untuk mempercantik rumah, cahaya dari matahari mampu membunuh kuman dan jamur yang kemungkinan tumbuh di berbagai sudut rumah minimalis Anda.

Untuk itu, tetap pertimbangkan aliran udara dan cahaya matahari agar masuk dengan baik pada rumah Anda saat membuat desain rumah minimalis sebelum membangunnya.